Konggres Pertama Kali Media Independen Online (MIO) di Jakarta

Berita, Nasional1785 Dilihat

Jakarta, JendelaDesa.com- Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Media Independen Online (MIO) Indonesia menggelar kongres pertamanya di Golden Boutique Hotel Kemayoran Jakarta.

Kegiatan tersebut berlangsung selama dua hari, mulai hari ini dan berakhir besok Sabtu 26 November 2022.

Hadir dalam kegiatan tersebut diantaranya AYS Prayogie (Ketua Umum MIO), Taufiq Rachman selaku pendiri, dan Joseph Hutabarat dari Dewan Pakar, beserta DPW dan DPD MIO se-Indonesia. Turut hadir juga Wakil Menteri Hukum dan HAM Prof. Dr. Edward Omar Sharif Hiaried, S.H., M. Hum secara virtual.

AYS Prayogie dalam sambutannya menyatakan, di usia organisasi MIO yang baru menginjak dua tahun (pada 10 November 2022 yang baru lalu, red.) sangat memerlukan kebersamaan, saling tolong, serta membutuhkan pengurus yang solid dan efektif.

Dengan jumlah sekitar lima ratus (500) lebih media dan ribuan wartawannya yang tergabung dalam MIO Indonesia, maka dibutuhkan pengurus yang solid dan efektif, katanya.

Lebih lanjut AYS Prayogie menceritakan pengalamannya sehingga dirinya bisa menjadi Ketua Umum DPP MIO dan dalam dua tahun sudah bisa menyelenggarakan kongres.

Ini semua tentu tidak terlepas dari kebersamaan dan saling tolong, sambungnya.

Sebenarnya, tambah Prayogie, banyak pengurus lain yang bergelar Doktor bahkan Profesor, akan tetapi dua tahun lalu, dirinya yang ditunjuk menjadi Ketua Umum.

Saya ditunjuk menjadi Ketua Umum, kalau tanpa dibantu yang lain, saya tidak bisa apa, ungkap AYS Prayogie yang dalam acara tersebut juga dihadiri pengurus MIO yang juga pengacara kondang Pitra Romadoni Nasution sekaligus artis, juga Dr Ir Hasudungan Sihombing M.Si yang digadang-gadang jadi calon Duta Besar.

Taufiq Rachman yang turut serta memberikan sambutan juga menyampaikan hal yang sama, bahkan karena kebersamaan internal maka kongres MIO pertama yang seharusnya baru dilaksanakan tahun depan (tahun 2023), akan tetapi bisa dilaksanakan lebih cepat satu tahun.

Joseph Hutabarat menyebut dirinya sangat bangga dengan kebersamaan MIO sehingga dalam waktu singkat (hanya dua tahun, red.) telah memiliki anggota sekitar 500 lebih media yang di dalamnya ribuan wartawan.

Soliditas ini yang harus dimiliki oleh pengurus dan harus dijaga, ungkap Joseph Hutabarat seraya mengusulkan aturan agar untuk Ketua Umum tidak dibatasi hanya boleh dua periode akan tetapi boleh lebih diantaranya untuk menjaga soliditas serta lebih menguatkan perkembangan organisasi yang sudah bagus dengan MIO menjadi semakin besar, telah menarik perhatian banyak pihak.

(red/gik)