Plt. Bupati Nganjuk Hadiri Pembinaan Kelembagaan Desa Se – Kecamatan Berbek di Desa Sumberurip

Berita420 Dilihat

Berbek, JendelaDesa.com- Bertempat Di Balai Desa Sumberurip Kecamatan Berbek, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi hadiri Pembinaan Kelembagaan Desa yang diikuti semua Kepala Desa di Kecamatan Berbek, juga dari tingkatan semua Rukun Tetangga (RT) dan Rukun Warga (RW) (08/11/2022).

 

Acara yang dihadiri Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk Puguh Harnoto, Samsul Huda selaku Asisten Pemerintahan Di Kabupaten Nganjuk, Camat beserta Kepala Desa se Kecamatan Berbek dan semua RT/RW se Kecamatan Berbek, juga dari jajaran Polsek dan Koramil.

Dalam sambutanya Kang Marhaen sapaan Plt. Bupati Nganjuk mengatakan bahwa Nganjuk adalah Hebat, Pemerintah yang paling bawah adalah Rukun Tetangga (RT), dan program – program apapun harus melalui RT, dan yang betul – betul asli punya wilayah adalah RT.

 

“Lurah, Bupati, Gubenur tidak punya warga, tapi yang punya warga langsung adalah RT, semua bentuk bantuan yang ada di Desa,yang mendata adalah RT ” jelasnya.

 

Sedangkan Puguh Harnoto selaku Kepala Dinas Pemberdaya Masyarakat Desa (PMD) Kabupaten Nganjuk menjelaskan bahwa Pemerintah Daerah melaksanakan Peraturan Mendagri No. 18 Tahun 2018, tentang Perbub No. 1 Tahun 2020 tentang Lembaga Kemasyarakatan Desa.

 

“Tentunya menjadi kewajiban Pemerintah Daerah untuk melakukan pembinaan, dan pada hari ini kita mengumpulkan Lembaga yang ada di Desa, RT, RW untuk melakukan pembinaan pada mereka, dan ini terangarkan di dalam DPA masing – masing Kecamatan ” jelas Puguh Harnoto.

 

Lebih lanjut Dirinya mengatakan bahwa kegiatan ini diikuti sebanyak kurang lebih 600 peserta dari 19 Desa se Kecamatan Berbek, dan ini nanti terus berlanjut di Kecamatan – Kecamatan lain secara terjadwal.

 

“Kita melakukan pembinaan ini, selain bentuk dari kewajiban pemerintah Kabupaten kepada jajaran Pemerintahan terbawah, ini juga untuk menyinergikan program dari Pemerintah, baik dilevel Kabupaten kemudian di Pemerintahan Desa, dan mereka adalah ujung tombak dalam rangka pelayanan masyarakat di masing – masing Desa ” jelas Kepala Dinas PMD Kabupaten Nganjuk Puguh Harnoto.

 

(gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *