Ir. Mindo Sianipar Kenalkan Teknologi Biosaka Dan Pupuk Organik Cair Di Desa Teken Glagahan

Politik343 Dilihat

Loceret, JendelaDesa.com – Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Timur VIII, Ir. Mindo Sianipar kunjungi Desa Teken Glagahan Kecamatan Loceret dalam rangka Panen Padi MSP – 65 dan Kenalkan Teknologi Biosaka dan Pupuk Organik Cair untuk kesejahteraan Petani di Kabupaten Nganjuk ( 17/03/2023).

Dalam acara Panen Raya Padi MSP – 65 di Desa Teken Glagahan, Ir. Mindo Sianipar juga memperkenalkan Teknologi Biosaka dan Pupuk Organik Cair, juga perbandingan antara Pupuk Sintetik, Anorganik yang sekarang harganya paling mahal, juga di perkenalkan alat pendeteksi hanya dengan mengunakan energi Matahari.

Seperti apa yang disampaikan Ir. Mindo Sianipar Anggota DPR RI Fraksi PDI Perjuangan Dapil Jawa Timur VIII, ia menjelaskan bahwa kegiatan ini membandingkan penggunaan memakai pupuk Sintetis, Anorganik dengan pupuk cair dari air lindi, dari tempat sampah Karang Dieng Mojokerto dan kita olah menjadi pupuk cair dan Biosaka ” jelasnya.

“Biosaka ini kita buat dengan cara meremas – remas dedaunan untuk memicu potensi sel, dan itu bisa kita gunakan disini, dengan benih padi MSP – 65 yang kita tanam disini, karena MSP – 65 ini, selama 65 hari setelah tanam sudah kita panen ” ujar Bang Mindo.

” Dan itu kita praktekkan di kondisi tanah yang sudah 8 tahun yang sudah tidak terpakai, dan hasilnya sangat bagus dan memuaskan ” lanjutnya.

Lebih lanjut dijelaskan Bang Mindo, bahwa ini sekaligus memperkenalkan alat menangkap serangga, atau alat untuk mendeteksi serangga yang merusak tanaman, dan alat ini dihasilkan dari orang Nganjuk ” jelasnya.

” Maka petani akan tau hamparan ini ada hama atau tidak, dan sehingga akan menghasilkan padi yang berkualitas ” pungkasnya.

(gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *