Manusuk Sima Anjuk Ladang, Peringati Hari Jadi Nganjuk Ke-1086

Berita468 Dilihat

Nganjuk, JendelaDesa.com – Tradisi Upacara Manusuk Sima yang digelar di Candi Lor terletak di Kecamatan Loceret, adalah serangkaian dari Hari Jadi Nganjuk yang Ke – 1086 Tahun, dan pada hari ini digelar kedua kalinya dalam sejarah memperingati Hari Jadi Kabupaten Nganjuk ( 10/04/2023).

Acara Manusuk Sima adalah sebuah prosesi Tanah Perdikan dari Mpu Sendok ke Mpu Anjuk Ladang, dan Nganjuk diberi Tanak Perdikan yang bebas dari pajak.

Seperti apa yang disampaikan Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, bahwa Manusuk Sima adalah sebuah prosesi Tanah Perdikan, atau proses pemberian/ otonomi dari Mpu Sendok ke Mpu Anjuk Ladang ” jelasnya.

” Nganjuk dikasih Tanah Perdikan bebas dari pajak, bahwa sebenarnya otonomi daerah itu sudah ada sejak dulu, dan maka, Alhamdulillah Ngajuk sudah Tahun ke 2 melaksanakan Manusuk Sima, dan yang benar memang seperti ini ” ujar Bupati Nganjuk.


“Yang namanya Hari Jadi itu pusatnya di Candi Lor, dengan kegiatan Manusuk Sima, maka Manusuk Sima itu nanti saya berharap seperti apa nanti, bahwa sejarah itu kita mengingat yang dulu dan terus kemudian kita sesuaikan dengan yang sekarang, dan juga mungkin filosopi apa yang kita bisa untuk yang akan datang ” ujarnya.

” Sehingga sangat positif antara sejarah awal berdirinya Mpu Sendok memberikan Tanah Perdikan kepada Mpu Anjuk Ladang sampai dengan sekarang, dan saya ingin mendapatkan gambaran bagaimana Nganjuk itu mbatik sejarah Mpu Sendok, yang sampai sekarang dibalut dengan banyak kreasi ” pungkasnya.

( gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *