Dikenal Dengan Sebutan Dalang Cilik, Agung Sudarwanto Akan Kembali Kiprah Di Nganjuk

Berita592 Dilihat

JendelaDesa.com- Pernah terkenal pada masanya dengan sebutan Ki Dalang Cilik, Agung Sudarwanto asli wong Nganjuk yang lama hijrah di Kota Seni dan Budaya Surakarta untuk melanjutkan pengetahuannya di bidang Seni dan Budaya khususnya di bidang Pewayangan, kini telah kembali ke Kota Angin untuk menjadikan Seni Pewayangan di Nganjuk kembali di ramaikan ( 03/05/2023).

Kelahiran 1976, Agung Sudarwanto saat duduk di bangku Taman Kanak – Kanak ( TK ), sosok ini sudah diperkenalkan Dunia Pewayangan oleh Edi Sartono yang ia sebut sebagai Om nya, selaku spots terhadap bakat dan minatnya untuk mendalami bidang seni dan budaya.

Agung Sudarwanto, yang setelah lama hijrah ke Kota Seni dan Budaya Surakarta, kini dirinya telah menyandang gelar S, Sn,.M,Sn setelah lama mendalami bakat dan minatnya di bidang seni, seperti apa yang ia ceritakan kisahnya pada kontributor JendelaDesa.com (01/05/2023).

Dirinya mengatakan bahwa dulu dirinya terkenal dengan Dalang Cilik, waktu itu berawal pada waktu berawal pada waktu duduk di bangku SD Kelas 4, dan waktu itu yang memberi spots kepada saya adalah Ki Dalang Haji Anom Suroto, yang mensuport bakat dan minat saya di Bidang Seni, dan Ki Dalang Mantep Sudarsono juga selalu setia memberi nasehat dan saran kepada saya bagaimana menjadi seorang Dalang yang baik dan berguna ilmunya kepada masyarakat ” ujarnya.

” Waktu jadi Dalang Cilik, saya pernah diundang TVRI Surabaya juga RRI Semarang untuk mementaskan Wayang Kulit,bahkan saya dulu pernah diundang dengan honor 750 Rubu, itu pun komlit ‘ jelasnya.

” Dan pada ahkirnya saya melanjutkan di Sekolah Tinggi Seni Indonesia, dan saya tetap berusaha semaksimal mungkin agar warga Nganjuk terkhusus yang muda, untuk selalu mencintai Seni dan Budaya khususnya Wayang Kulit ” lanjut Agung.

Lebih lanjut dikatakan Agung Sudarwanto, bahwa dirinya akan kembali lagi berkiprah di Dunia Pewayangan, untuk menghibur masyarakat Nganjuk, melestarikan Kebudayaan Jawa di Nganjuk, menguri – nguri Budaya Jawa dengan membangkitkan Seni Wayang Kulit di Kabupaten Nganjuk pada Khususnya ” pungkasnya.

Perlu diketahui Ki Dalang Agung Sudarwanto dalam waktu dekat Tanggal 13 Mei 2023 akan pentas di acara Reuni Akbar Lintas Alumni SMP Negeri 1 Nganjuk di Alun – Alun Kota Nganjuk

( gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *