Tanggap Bencana, Kecamatan Ngetos Adakan Giat Apel Siaga Bencana

Berita440 Dilihat

Ngetos, JendelaDesa.com- Dalam Rangka antisipasi Bencana Alam di Kecamatan Ngetos, selaku Camat Ngetos Widi Cahyono, S, STP, M. Si mengadakan kegiatan Apel Siaga Bencana, juga dibarengi Pengukuhan dan Simulasi dalam rangka SOP Kampung Siaga Bencana (KSP) yang mengambil tempat di Lapangan Desa Ngetos (02/11/2022).

 

Acara yang diikuti segenap Forpimcam Ngetos beserta Stakeholder dalam Rangka Apel Ke Siap Siagaan Tanggap Bencana Tahun 2022,guna mempersiapkan dan memaksimalkan sinergitas dalam penanganan kemungkinan terjadinya Bencana Alam di wilayah Kecamatan Ngetos.

Selaku Camat Ngetos Widi Cahyono mengatakan bahwa Ngetos adalah salah satu wilayah di Kabupaten Nganjuk yang masuk kategori wilayah rawan bencana , dan apalagi saat ini sudah memasuki musim penghujan ” ujarnya.

 

Camat Ngetos juga menjelaskan bahwa pihaknya berkaca pada pengalaman Tahun lalu, di mana dan di beberapa Desa di wilayahnya terdampak bencana banjir dan tanah longsor, karena berbatasan langsung dengan Sungai dan pengunungan, yang kemungkinan rawan terjadinya bencana ” jelasnya.

 

“Musim penghujan identik dengan bencana banjir dan tanah longsor, kita harus sikapi dengan persiapan sedini mungkin, untuk meminimalisir jatuhnya korban jiwa dan harta di Kecamatan Ngetos ” lanjutnya.

 

“Ke Siap Siagaan Tanggap Bencana merupakan bagian dari upaya memberikan perlindungan kepada masyarakat, yakni perlindungan dari ancaman dan juga dampak bencana yang mungkin terjadi, dan meningkatkan koordinasi secara terencana, terpadu, dan berkesinambungan dengan semangat jiwa gotong royong ” pungkasnya.

 

Tak hanya di Kecamatan Ngetos, BPBD Kabupaten Nganjuk bersama KAPPALA Indonesia juga membentuk Destana di 4 ( Empat) Kecamatan lain di wilayah Kabupaten Nganjuk, diantaranya Kecamatan Wilangan, Kecamatan Berbek, Kecamatan Pace dan Kecamatan Bagor.

 

(Tim/gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *