Bersama ISI, Disporabudpar Nganjuk Gelar Pekan Seni Budaya Dan Dibuka Plt. Bupati Nganjuk

Berita688 Dilihat

Nganjuk, JendelaDesa.com- Melalui Dinas Porabudpar Kebupaten Nganjuk bekerja sama dengan Institut Seni Indonesia (ISI) Surakarta, mengadakan Pameran Keris dan Lukisan bertempat di Gedung Balai Budaya Mpu Sendok yang dibuka langsung oleh Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dalam ” Pekan Seni Budaya Daerah” Kabupaten Nganjuk (26/11/2022).

Acara dalam Rangka Pekan Seni Budaya Kabupaten Nganjuk yang diikuti kurang lebih 100 (Seratus) Pelajar juga Guru Pendidik, hadir pula Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi, Plt. Kepala Disporabudpar Gunawan Widagdo, Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Nganjuk Sopingi dan Mahasiswa Institut Seni Indonesia (ISI), juga dihadiri segenap tamu undangan yang hadir.

Juga dilakukan acara Tumpengan dengan 3 jenis Tumpeng, dan diperagakan juga oleh para Mpu bagaimana proses pembuatan keris diikuti oleh Plt. Bupati juga Kepala Dinas Disporabudpar, selanjutnya rombongan mengunjungi Pameran Keris juga Pagelaran Wayang Timplong yang di gelar di dalam Gedung Balai Budaya Mpu Sendok.

Dalam kesempatannya Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan bahwa di Nganjuk mempunyai banyak Mpu, dan ini semua adalah hasil karya anak Nganjuk.

“Nganjuk termasuk Mataraman Islam, sehingga budaya – budaya masih melekat di Kabupaten Nganjuk, termasuk kesenian Wayang Timplong, seni budaya apa saja di Nganjuk Monggo, yang penting positif, kegiatan ini adalah kerjasama Dinas Pariwisata Budaya dan Olah Raga bersama dengan ISI Surakarta” jelas Plt. Bupati.

Plt. Bupati Nganjuk juga berharap agar nantinya acara seperti ini, di Nganjuk diadakan minimal 2 (Dua) kali, yaitu di Bulan Desember dan Agustus, agar Seni Budaya bisa mewarnai Kabupaten Nganjuk” pungkasnya.

Sedangkan Gunawan Widagdo selaku Kepala Disporabudpar mengatakan bahwa Kabupaten Nganjuk seni budayanya luar biasa, maka pekan seni budaya Nganjuk mari kita kembangkan, agar pelaku – pelaku seni budaya di Nganjuk ada tempat untuk berekspresi, berkreasi untuk memamerkan peninggalan – peninggalan leluhur dan memamerkan karyanya” jelasnya.

(gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *