Rangkaian Hari Jadi Nganjuk Ke -1086 Tahun 2023, Pemkab Nganjuk Gelar Pawai Alegoris

Berita445 Dilihat

Nganjuk, JendelaDesa.com– Rangkaian Memperingati Hari Jadi Nganjuk Ke 1086 Tahun 2023, Pemerintah Kabupaten Nganjuk telah memulai dengan acara Pawai Alegoris, dengan menaiki Delman yang diberangkat dari halaman Masjid Al – Mubarok menuju Pendopo KRT Sosro Koesoemo Kabupaten Nganjuk ( 09/04/2023).

Acara dalam rangka Pawai Alegoris atau Pawai Budaya di serangkaian Hari Jadi Nganjuk Ke 1086, ini diikuti semua jajaran Forkopimda Kabupaten Nganjuk, Bakorwil Bojonegoro juga semua OPD dan Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur, semua MKKS SMP maupun SMA juga dari Komunitas yang sebelumnya sudah mendaftar di Disporabudpar dengan ketentuan Kendaraan atau Delman harus dihias.

Sebelum melaksanakan Pawai Alegoris dengan membawa Pusaka yang dimulai dari halaman Masjid Al – Mubarok Berbek menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi beserta semua rombongan, melakukan Ziarah ke Makam Kanjeng Jimat, dan diteruskan Ziarah ke Makam Pangeran Singosari.

Usai prosesi Pawai Alegoris di Pendopo Kabupaten Nganjuk, Plt. Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi dalam kesempatannya menjelaskan bahwa ini adalah serangkaian Hari Jadi Nganjuk yang Ke 1086, dan dimulai dengan acara Pawai Alegoris, yang sebelumya kita melakukan acara Tahlil dan Yasinan di Masjid Al – Mubarok Berbek ” jelasnya.

” Dan setelah itu kita melakukan Sholat Magrib secara berjamaah dan buka bersama, lalu dilanjutkan acara nyekar kepada tempat – tempat yang pertama sampai berikutnya, dan ini tidak selesai disini saja, tapi kita juga nyekar di 11 titik Tokoh – Tokoh Kabupaten Nganjuk di beberapa Kecamatan di Nganjuk ” lanjut Kang Marhaen sapaan Plt. Bupati Nganjuk yang mana besuk ( Senin ) dilantik menjabat Bupati Nganjuk.

” Dan dilanjutkan Pawai Alegoris, yang mana Pawai ini adalah bagian dari syukuran terkait dengan Hari Jadi Nganjuk yang Ke 1086, dan yang di sebut Boyong itu adalah Tanggal 6 Juni, sekali lagi acara Pawai ini adalah bagian dari Peringatan Hari Jadi Nganjuk ” jelas Kang Marhaen.

Di temui terpisah, Sri Handari Ningsih selaku Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk mengatakan bahwa ini adalah rangkaian Hari Jadi Nganjuk, ” sebelum acara Pawai Alegoris, melakukan Ziarah ke Makam Kanjeng Jimat dan diteruskan Ziarah ke Makam Pangeran Singosari ” ujarnya.

” Setelah itu melakukan Pawai Alegoris dari Masjid Al – Mubarok menuju Pendopo Kabupaten Nganjuk, oleh Bupati, Forkopimda, Bakorwil Bojonegoro, semua OPD dan dari Cabang Dinas Provinsi Jawa Timur, MKKS SMP – SMA serta Camat seluruh Nganjuk, juga dari Komunitas dengan syarat mendaftar di Disporabudpar, dan kendaraan harus dihias ” pungkasnya.

( gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *