Kang Marhaen Di Dampingi Yuni Marhaen Hadiri Acara Nyadran Di Kelurahan Kramat

Berita669 Dilihat

Nganjuk, JendelaDesa.com- Nguri – nguri Budaya Jawa untuk Mengenang para leluhur di Desa/ Kelurahan Kramat Kecamatan Nganjuk, telah digelar Kirab Budaya dan Sedekah Bumi dalam rangka Nyadran yang diikuti dari semua warga Kelurahan Keramat dengan menampilkan arak – arakan hasil bumi juga ditampilkan Ogoh – Ogoh (16/05/2023).

Acara Sedekah Bumi, yang terkenal dengan Nyadran, ini adalah wujud syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas limpahan karunia, kenikmatan ataupun rejeki, dan kegiatan ini tidak hanya di Kelurahan Kramat, tetapi sudah melekat di Tanah Jawa, bahkan hampir setiap Desa/ Kelurahan melakukan yang namanya Nyadran, dan Nyadran ini biasanya dilakukan setiap Tahun sekali dengan hari yang berbeda tergantung dari makna/ sejarah di Desa/ Kelurahan masing – masing.

Kirab Budaya dan Sedekah Bumi ( Nyadran) yang digelar di Kelurahan Kramat, ini diikuti semua warga Kelurahan dari tingkatan RT/ RW, keanggotaan LPM, Gapoktan, HIPPA, kader PKK, juga dari Kader Karang Taruna hingga Kepala Desa yang antusias mengikuti jalannya Kirab Budaya ( Nyadran ), hadir juga Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi beserta Yuni Marhaen, Camat Nganjuk Hari Moektiono, Kadis DLH Subani, juga semua jajaran TNI – POLRI dan jajaran Kepala Desa di Kecamatan Nganjuk.

Dalam kesempatannya, Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi mengatakan bahwa hari ini telah menghadiri acara Bersih Desa ( Nyadran ) di Kelurahan Kramat, tepatnya pada hari Jum’ at Paing ” ujarnya.

” Tadi dimulai dari arak – arakan sedekah bumi dan ogoh – ogoh dari lapangan sekolahan menuju Pendopo Ki Ageng Kramat, juga ada prosesi membawa ambeng, dengan hiburan wayang krucil, ini banyak makna, yaitu mengenang sejarah terdahulu nenek moyang kita, leluhur kita yang babat alas di Kelurahan Kramat” jelasnya.

” Ini adalah bentuk syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa, yang telah memberi banyak berkah kepada warga Nganjuk, khususnya warga Kelurahan Kramat, dan ini juga untuk menumbuhkan gotong – royong bagi semua warga Kelurahan Kramat, dan acara seperti ini nanti kita lanjutkan pada Tanggal 9 Juni, yaitu acara Boyong dan Sedekah Bumi ” pungkas Bupati Nganjuk Marhaen Djumadi.

Sedangkan Camat Nganjuk Hari Moektiono, mengucapkan terimakasih dan selamat datang kepada Bupati Nganjuk di Kelurahan Kramat dalam acara Kirab Budaya dalam rangka Bersih Desa ( Nyadran ).

” Yang mana kegiatan ataupun pelaksanaan kegiatan Bersih Desa ini sedikit berbeda dari Tahun yang kemarin, dan hari ini sangat meriah, ini adalah merupakan rasa syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa ” ujar Hari Moektiono.

Lebih lanjut dikatakan Hari Moektiono, ” mudah – mudahan lingkungan Kelurahan Kramat selalu di berkahi Allah, dan kita senantiasa diberi kemudahan didalam segala aktifitas.

Dikatakan Hari Moektiono selaku Camat Nganjuk, bahwa pada hari ini, bersamaan dengan acara sedekah bumi, diresmikan juga Pendopo Kelurahan Kramat yang juga merupakan program dari Bupati, yaitu Pendopo ” Ki Ageng Kramat ” pungkasnya.

( gik)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *