Ngeri, Jutaan Udang Menyerbu Halaman Rumah Warga di Gorontalo

Berita, Uncategorized670 Dilihat

Gorontalo, JendelaDesa.comPihak BMKG Gorontalo memberikan penjelasan ilmiah mengenai fenomena udang bermigrasi hingga ke halaman rumah warga. Salah satu sebabnya adalah adanya perubahan suhu habitat udang di sungai.

Diketahui, beredar video viral di media sosial *Klik disini untuk lihat video* yang menunjukkan jutaan udang hitam kecil berjalan ke daratan hingga masuk ke halaman rumah warga, di Desa Buladu, Kecamatan Sumalata Timur, Gorontalo Utara. Peristiwa ini terjadi pada Selasa (23/5/2023) sekitar jam 17.00 WITA.

Camat Sumalata Timur, Ayis Yusuf mengatakan memang ada banyak udang di muara Sungai Desa Buladu. Udang keluar dari pipa saluran air yang menghadap ke sungai dan sudah lama tidak digunakan. Dirinya menyebutkan baru pertama kali ini terjadi dan selama 3 hari udang-udang tersebut masih juga berkeliaran.

“Jika lingkungan perairan di sekitar muara sungai mengalami perubahan yang drastis, seperti perubahan suhu air, kadar oksigen, atau tingkat salinitas perairan, udang dapat merasakan ketidaknyamanan dan mencari tempat yang lebih sesuai,” jelas Koordinator Data dan Informasi Stasiun Meteorologi Djalaluddin Gorontalo, Sayid Mahadir kepada detiksulsel (25/5/2023).

Lebih lanjut Sayid menjelaskan bahwa beberapa spesies udang memiliki pola migrasi yang kompleks dan dapat berpindah dari muara sungai ke perairan terbuka dan sebaliknya.

Hingga kini pihaknya masih terus mendalami dan melakukan penelitian lebih lanjut mengenai fenomena langka ini. (*berbagai sumber)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *