Pengukuhan 10 P4S Baru Kab Jombang, Badan Pengawas Dan Pembimbing Menaruh Harapan Besar

Berita401 Dilihat

Jombang, JendelaDesa.com – Pengukuhan ketua pusat pelatihan pertanian dan pedesaan swadaya P4S sedulur tani kecamatan Bareng kabupaten Jombang beserta 10 P4S baru digelar di wisata Bale Tani yang sekaligus sekertariat P4S Sedulur Tani.

Ketua P4S sedulur tani Wiwin isnawati menggantikan alm Ismail Fahmi, mereka yang dikukuhkan sekaligus menerima
penyerahan sertifikat kelembagaan serta sertifikat sebagai anggota aktif FK P4S Jombang kamis 11 Mei 2023.

Pengukuhan dilakukan oleh ketua forum komunikasi/FK P4S Jombang, Mujiono, dan dilanjut penyerahan kunci mobil, buku pemilik kendaraan bermotor (BPKB) dan surat tanda nomor kendaraan (STNK) roda 4 sebagai operasional dan infentaris FK P4S kabupaten Jombang, dari Sumbrambah wabup Jombang kepada ketua FK P4S kabupaten Jombang, sembari Sumbrambah berpesan agar kendaraan operasional tersebut digunakan untuk pengembangan P4S di kabupaten Jombang.

Turut hadir, BBPP Ketindan Malang, ketua FK P4S Jatim Ahmad Saikhu, wakil bupati Jombang Sumrambah, Kepala dinas pertanian Jombang Much Rony, kepala dinas ketahanan pangan Nurkamalia, Mujiono ketua FK P4S kabupaten Jombang, dan 10 ketua P4S baru hasil verifikasi 2023.

Mewakili kepala balai besar pusat pelatihan pertanian Ketindan malang, Saptini Mukti rahajeng dalam sambutannya menyampaikan bahwa BBPP ketindan sebagai pembina P4S tidak hanya memberikan program pelatihan terhadap pengelola P4S, namun akan melaksanakan sertifikasi agar para pengelola P4S menjadi pengajar yang kompeten disesuaikan dengan keberhasilan usaha tani para pengelola P4S.

Ahmad Saikhu selaku Ketua FK P4S Jatim, mengatakan masih dalam bulan syawal mohon maaf lahir dan batin, selamat kepada 10 ketua P4S yang baru dikukuhkan ini, semoga bisa menjadikan semangat baru dan seterusnya bisa konsisten untuk berkontribuksi dalam pengembangan bidang pertanian khususnya pelatihan dan permagangan.

Pada kesempatan itu, Kepala dinas pertanian Jombang Much Rony menjelaskan, Pola pembinaan petani ini sudah diterapkan pada P4S, bagaimana mengeksplorasi potensi yang ada disekitar, pola inilah yang nantinya akan dilakukan strataan pembinaan. Karena pembinaan dilapangan tidak bisa sama. P4S ini menjadikan tempat penyaluran ide-ide kreasi dan pengalaman, sangat luar biasa untuk P4S. Saya berharap semakin banyak masyarakat yang peduli agar pertanian akan menjadikan percepatan pembangunan. “Berbicara pertanian hulu sampai hilir hanya ada di P4S” ungkap Rony.

Alih fungsi lahan adalah Isue strategis yang perlu kita sikapi, belakangan ini dinas pertanian di amanahi untuk melakukan pemetaan lahan pertanian berkelanjutan, artinya program lp2b ini ingin menyelamatkan lahan pertanian. Saat ini seluruh PPA kabupaten Jombang sedang melakukan updateing data penerima pupuk bersubsidi.
Infomasi terbaru hasil rapat terbatas dari bapak presiden dengan sekertaris kabinet bahwa nantinya jajaran kementrian pertanian diminta menyiapkan waktu 3-4 bulan untuk menyiapkan skeping yang nantinya tidak ada lagi perbedaan harga pupuk di lapangan. Jadi nantinya tidak adalagi pupuk non subsidi, karena jatah subsidinya sudah dianggarkan tinggal polanya dialihkan. Saya sangat berharap program-program P4S ini jumlahkuotanya lebih bergerak kepada petani milenial karena ada fenomena besar yakni ketidak tertarikan terhadap bidang pertanian. Ini tanggung jawab kita semua, dan programnya bisa menarik anak muda. Kita pastikan sektor pertanian ini menjajikan untuk masa depan.

Dikesempatan yang sama, kepala dinas ketahanan pangan Nurkamalia dalam arahnya mengatakan, dukung sepenuhnya P4S ini dan berharap tidak hanya bidang pertanian saja namun juga di ketahanan pangan, dari masa tanam hingga panen, sedudah panen harus diselamatkan agar ketahanan pangan tetap terjaga.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *