Diduga Efek Gempa Bantul, Lahan di Sawahan Nganjuk Alami Tanah Longsor

Berita, Peristiwa440 Dilihat

NGANJUK, JendelaDesa.com – Selasa tanggal 04 Juli 2023 sekitar pukul 12.00 WIB telah terjadi bencana tanah longsor yang menimpa sungai Brogan dan perkebunan cengkeh seluas 50×40 meter dan panjang material tanah 250 meter, di Dusun Bruno Rt/Rw 04/04, Desa Ngliman, Kecamatan Sawahan, Kabupaten Nganjuk.

Kejadian tersebut disaksikan langsung oleh Windu (58 th) yang tinggal dekat dengan lokasi longsor. Dirinya mendengar suara gemuruh dan ketika diperiksa ternyata sedang terjadi tanah longsor dan kejadian longsor tersebut berlangsung bertahap 5 kali hingga berita ini diturunkan.

 

Saksi mata dan warga sekitar sempat merekam kejadian melalui ponsel (KLIK DISINI UNTUK LIHAT VIDEO TANAH LONGSOR) sembari menghubungi Lurah Ngliman, Imam widodo, beserta bhabinkamtibmas Bhabinsa dan Tagana.

Pihak Desa, Tagana, Forpimcam dan warga sekitar rapat koordinasi untuk menyingkirkan tanah longsoran yang menutupi aliran sungai agar tidak terjadi longsor susulan.

Dugaan sementara penyebab longsor karena proses pengairan sawah yang berlebihan, kontur tanah yang gembur dan sistem persawahan perkebunan yang terasering.

Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa ini, namun kerugian materiil ditaksir sekitar Rp. 100.000.000.000 (Seratus Juta Rupiah). Berikut daftar pemilik sawah atau lahan yang terkena bencana longsor:

1. Bengkok Pakwo Bruno sdr Bambang Heru
2. Pak Katimin
3. Bu Sutijah
4. Bu Sukarti
5. Pak Parno
6. Pak Sunardi
7. Pak Panut
8. Kaspan
9. Samaji

Lahan dan perkebunan yang terdampak telah ditanami cengkeh, aboria, mawar, pisang, durian, jabon, kelapa, nangka, alpukat. (Red)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *